Dianulir VAR, Bayern Muenchen Jadi Juara Liga Jerman Selama 2 Menit

Bundesliga

Bayern Muenchen terpaksa menahan hasrat menyabet gelar juara Liga Jerman setelah gol mereka dianulir.

Bayern Muenchen selangkah lebih dekat dengan gelar juara saat menghadapi RB Leibzig pada pekan ke-33 Liga Jerman 2018-2019, Sabtu (11/5/2019).

Unggul empat poin dari pesaing terdekat, Borussia Dortmund, sang pemuncak klasemen hanya perlu menang atau menyamai hasil sang rival untuk mengunci trofi Bundesliga.

Sayangnya, hasrat Bayern Muenchen itu harus tertahan setelah gol yang seharusnya bisa membawa mereka menang justru dianulir.

Kejadiannya berawal saat tendangan gelandang Muenchen, Leon Goretzka, membentur kaki rekan setimnya sendiri, Roberto Lewandowski, dan berbelok arah ke pinggir lapangan.

Pemain sayap kanan Die Roten, Kingsley Coman, dapat mengamankan bola liar itu untuk mengirimkan umpan crossing ke dalam kotak penalti.

Bek RB Leibzig, Ibrahima Konate, berusaha membuang bola tetapi sundulannya tidak sempurna dan justru mengarah kembali ke Goretzka. Tanpa mengontrol bola, Goretzka langsung menyepak bola dan secara mulus merobek gawang Leibzig. Gol pembuka itu sontak disambut dengan meriah oleh rekan setimnya. Indolucky7 Sbobet.

Tampak tidak ada yang salah dalam proses terjadinya gol Muenchen tersebut. Pemain RB Leibzig juga tidak melakukan protes dan cuma bisa pasrah. Namun pengawas Video Assistant Referee (VAR) mendapat fakta lain dari tayangan ulang gol Goretzka.

Setelah menghubungi wasit Manuel Grafe, gol Goretzka dianulir karena Lewandowski berada dalam posisi offside saat mencoba menghindari tendangannya.

Secara kasat mata, Lewandowski memang on-side. Akan tetapi VAR menunjukkan bahwa setengah telapak kaki kirinya terlalu maju ke depan. Gol Goretzka yang tercipta pada menit ke-50 itu resmi dianulir dua menit kemudian. Hingga akhir pertandingan, skor 0-0 tidak berubah.

Celakanya, hanya selang beberapa menit dari insiden tersebut, di tempat lain Dortmund justru unggul atas lawannya, Fortuna Duesseldorf. Dihelat pada saat yang bersamaan, Dortmund memimpin dengan skor 2-1 berkat gol Thomas Delaney pada menit ke-53.

Die Borussen kemudian mengunci kemenangan mereka lewat gol Mario Gotze jelang berakhirnya laga. Si Hitam Kuning menang 3-2 dan menjaga asa merebut titel juara. Alhasil, persaingan gelar juara Liga Jerman diperpanjang hingga spieltag ke-34 yang merupakan pekan pertandingan terakhir kompetisi Bundesliga musim ini.

Terhadap hasil ini, media Jerman BILD secara menggelitik memberinya judul “Bayern bisher nur 2-Minuten-Meister”, yang kurang lebih berarti “Bayern Sejauh Ini Hanya Juara Selama 2 Menit”.

Pada pekan terakhir, Sabtu (18/5/2019), Bayern Muenchen akan menjamu Eintracht Frankfurt, sedangkan Borussia Dortmund dijamu Borussia Moenchengladbach. Muenchen bisa dipastikan menjadi juara jika tidak kalah dari Frankfurt, kecuali mereka bermain imbang sementara Dortmund mengalahkan Gladbach dengan selisih 18 gol.

Be the first to comment on "Dianulir VAR, Bayern Muenchen Jadi Juara Liga Jerman Selama 2 Menit"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*